Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : alat cauter sirkumsisi, clip cauter, stetoskop, tensimeter, kursi roda, tongkat kruk, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa diakses melalui link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Pelayanan Prima Prioritas Mastha Medica
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Lebih aman sunat laser atau sunat klem?

Lebih aman sunat laser atau sunat klem?

Diposting pada 6 December 2018 oleh mastha medica

Sunat laser ini sebenarnya salah istilah. Penggunaan istilah yang salah oleh masyarakat ini sudah sulit dirubah. Sebenarnya disunatnya bukan pakai laser. Tapi pakai alat yang disebut electric cauter.

Electric cauter adalah alat bedah yang digunakan untuk memotong kulit atau pembuluh darah sehingga pendarahan yang muncul akan minimal. Alat ini sudah banyak digunakan di klinik bedah. Namun ada yang dimodifikasikan sedemikian rupa. Ada yang berbentuk lempengan logam yang dipanaskan seperti pemanas air. Lempengan filamen bisa memotong sekalipun mengentikan pendarahan yang bocor. “Penggunaan alat ini seperti pisau bermata dua. Pisau bermata dua. Kalau tepat menggunakannya sangat bermanfaat karena sunat jadi cepat, menjahit jadi lebih mudah dan risiko infeksi lebih mudah,” ujarnya.

Tapi berhubung alat ini lempengan logam yang dipanaskan kalau penggunaan salah bisa timbulkan luka bakar.

Karena itu tenaga medis yang menyunat harus terlatih. Sayangnya banyak sekali yang tidak training. Sehingga kebanyakan dipakai di sunatan massal. Atau lebih fatal lagi terjadi amputasi luka potong terputus karena salah penggunaan alat ini. Di sunatan massal jadi tempat belajar para mantri dan dokter untuk menyunat dan tak jarang salah menjepit atau menggunakan alat ini.

Mahdian menambahkan metode sunat yang paling aman adalah klemp. Karena dia disposible. Satu anak satu klemp. Kalau electric cauter alatnya masih dipakai yang lain. Dijahit benang sisa. Dipakai anak lain. Darah anak a ke anak b. Atau alat bedah minor dipakai anak lain sehingga anak berisiko infeksi silang.

Selain itu, metode klemp prosesnya cepat hanya lima menit dan tidak dijahit. Kalau electric cauter dijahit dan ada proses tambahan. Sehingga memakan waktu 20 sampai 25 menit. Jadi lebih cepat pakai klemp.

Klemp alatnya seperti penjepit tali pusar pada bayi. Alat ini juga memiliki cetakan berbentuk bundar dan ukuran sesuai ukuran penis anak tersebut. Kalau pakai laser dipotong dan dijahit. Sehingga ada bekas jahitan. Klemp lebih baik. Setelah sunat dengan klemp anak bisa aktivitas setelahnya.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Bagikan informasi tentang Lebih aman sunat laser atau sunat klem? kepada teman atau kerabat Anda.

Lebih aman sunat laser atau sunat klem? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Lebih aman sunat laser atau sunat klem?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})