Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : alat cauter sirkumsisi, clip cauter, stetoskop, tensimeter, kursi roda, tongkat kruk, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa diakses melalui link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Pelayanan Prima Prioritas Mastha Medica
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Tips Perawatan Setelah Sunat

Tips Perawatan Setelah Sunat

Diposting pada 31 October 2018 oleh mastha medica

Bila Anda atau putra Anda baru saja menjalani sunat di dokter, Anda perlu memahami perawatan apa saja yang harus diberikan agar masa pemulihannya jadi lebih cepat. Memberikan perawatan setelah sunat yang tepat juga bisa mencegah infeksi atau komplikasi-komplikasi lainnya. Langsung saja simak informasi penting seputar perawatan setelah sunat berikut ini.

Berapa lama harus istirahat di rumah setelah sunat?

Di samping seberapa sakit rasanya disunat, pertanyaan ini mungkin jadi salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan anak atau pria dewasa. Setelah sunat, Anda atau putra Anda memang akan diminta oleh dokter untuk beristirahat di rumah dan menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat. Masa pemulihan setelah sunat bisa berbeda-beda, mulai dari tujuh sampai sepuluh hari.

Akan tetapi, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga Anda sebaiknya bertanya langsung pada dokter berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai sembuh. Pasalnya, sunat pada pria dewasa kadang bisa memakan waktu hingga tiga minggu. Selama masa pemulihan sebaiknya hindari berolahraga dan melakukan aktivitas seksual.

Perawatan setelah sunat agar cepat sembuh

Agar masa pemulihan jadi lebih cepat dan Anda terbebas dari risiko infeksi, perhatikan panduan perawatan setelah sunat di bawah ini.

1. Meredakan nyeri

Setelah sunat, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman atau sakit pada area penis. Biasanya dokter meresepkan obat pereda nyeri seperti ibu profen atau paracetamol. Ikutilah anjuran dari dokter atau apoteker untuk mengonsumsi obat-obatan ini.

Sebagai obat pereda nyeri alami, Anda bisa mencoba minum kunyit. Kalau tidak suka rasanya, campurkan kunyit pada makanan atau sup. Kunyit punya khasiat pereda nyeri alami sekaligus bisa mencegah infeksi. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum kunyit untuk meringankan sakit setelah sunat.

2. Membersihkan area penis

Hati-hati ketika membersihkan area penis Anda pascasunat. Perban biasanya akan dibuka satu sampai dua hari setelah sunat. Setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air suam-suam kuku. Anda tak perlu pakai sabun. Namun, jika memang ingin membersihkan dengan sabun, pilih sabun yang bebas dari bahan kimia yang terlalu keras seperti antiseptik, pewangi, dan pengawet. Keringkan dengan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk pelan, jangan digosok.

3. Pakai baju dan celana yang longgar

Hindari baju atau celana yang terlalu ketat saat Anda atau putra Anda sedang memulihkan diri. Selain bisa menekan dan menyebabkan sakit, sirkulasi udara dan darah ke area penis pun akan terhambat. Akibatnya, penis sembuhnya jadi lebih lama.

4. Oleskan petroleum jelly

Anda bisa mengoleskan petrolatum (petroleum jelly) pada ujung dan batang penis secukupnya. Petrolatum bisa mencegah bekas luka akibat sunat menempel pada pakaian dalam atau celana.

Kapan harus segera periksa ke dokter?

Sunat bisa menimbulkan komplikasi atau risiko tertentu. Apabila Anda mengalami hal-hal berikut ini, segera hubungi dokter atau kunjungi pusat layanan kesehatan terdekat secepatnya.

  • Demam dan lemas
  • Mual, muntah, dan pusing
  • Muncul gejala infeksi pada penis seperti pembengkakan yang tak kunjung membaik, kulit jadi kemerahan, muncul garis merah pada batang penis, perdarahan hebat, atau rasa sakit yang tak kunjung hilang atau mereda setelah minum obat
  • Tidak bisa buang air kecil, sakit ketika buang air kecil, keluar darah saat buang air kecil, atau urin jadi keruh dan bau menyengat

 

Bagikan informasi tentang Tips Perawatan Setelah Sunat kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Perawatan Setelah Sunat | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Tips Perawatan Setelah Sunat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
Rp 450.000 Rp 560.000
Ready Stock
SIDEBAR
})