Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : alat cauter sirkumsisi, clip cauter, stetoskop, tensimeter, kursi roda, tongkat kruk, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa diakses melalui link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Pelayanan Prima Prioritas Mastha Medica
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa

Diposting pada 4 December 2019 oleh mastha medica

Sunat dewasa adalah pilihan pembedahan untuk pria yang tidak melakukan sunat di masa kanak-kanak. Proses sunat dilakukan dengan penghapusan kulup yang menutupi kepala penis. Sunat itu sendiri biasanya dilakukan untuk:

  • Alasan medis. Pada pria dewasa, sunat ini paling sering dilakukan ketika kulup penis terlalu ketat, sehingga tidak bisa ditarik kembali ke atas kepala penis. Ini juga dikenal sebagai fimosis.
  • Alasan agama dan budaya. Sunat adalah praktik umum di komunitas Yahudi dan Islam, serta di masyarakat Afrika (umumnya penyunatan dilakukan kepada anak-anak).
  • Pencegahan HIV. Ada bukti bahwa sunat mengurangi risiko pria heteroseksual terkena HIV, dan beberapa negara di Afrika juga menggalakan sunat sebagai program pencegahan HIV.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai sunat dewasa, mari kita lihat berbagai informasinya, berikut ini.

Risiko melakukan sunat dewasa

Terlepas dari pembengkakan awal, perdarahan dan infeksi adalah dua masalah paling umum yang terkait dengan sunat. Risiko seperti perdarahan atau infeksi mungkin dapat terjadi sekitar 1 dari 50 orang. Kemungkinan risiko sunat dewasa lainnya mencakup berikut ini:

  • Sunat dewasa biasanya termasuk prosedur yang aman, meskipun selalu ada risiko dengan prosedur ini. Penis, prostat, bagian saluran kemih lain, pembuluh darah, atau saraf mungkin akan terluka selama prosedur ini. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika Anda buang air kecil atau berhubungan seks. Anda juga mungkin mengalami pembengkakan, nyeri panggul, atau mati rasa di penis Anda. Selain itu, Anda juga mungkin akan memiliki ereksi sebelum kondisi benar-benar pulih, sehingga dapat menyebabkan jahitan atau perekat robek dan sayatan bedah terbuka kembali.
  • Ada kemungkinan Anda harus melakukan operasi lain untuk mengangkat beberapa kulit yang tersisa di sekitar kepala penis.

Meskipun risiko untuk sunat dewasa itu rendah, namun tetap lebih tinggi dibandingkan dengan sunat anak-anak.

Apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum sunat dewasa?

1. Seminggu sebelum prosedur

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Meminta anggota keluarga atau teman untuk mengantar Anda pulang setelah melakukan prosedur. Jangan menyetir sendiri ke rumah.
  • Tanyakan pada dokter Anda sebelumnya apakah Anda harus berhenti melakukan hubungan seksual.
  • Beri tahu riwayat kesehatan Anda, apakah Anda memiliki alergi obat-obatan, atau jika Anda mengidap penyakit tertentu.
  • Mintalah saran mengenai aturan makan dan minum sebelum hari-H.

2. Hari prosedur

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Mengingat tanggal, hari, waktu, dan lokasi prosedur Anda.
  • Menulis apa saja yang harus dibawa.
  • Jika Anda memakai lensa kontak, jangan memakainya di hari prosedur atau operasi. Pakailah kacamata sebagai gantinya.
  • Sebelum operasi, Anda biasanya diberi obat untuk membuat Anda mengantuk. Beri tahu dokter jika Anda atau keluarga Anda memiliki masalah dengan menggunakan anestesi di masa lalu.
  • Anda atau keluarga dekat Anda akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan. Pastikan seluruh pertanyaan Anda terjawab sebelum menandatanganinya.

3. Setelah prosedur

Anda mungkin akan berbaring di tempat tidur dan istirahat untuk sementara waktu karena prosedur ini mungkin melelahkan. Penyedia layanan kesehatan akan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada masalah pada Anda. Perban digunakan untuk menjaga daerah jahitan tetap bersih dan kering. Dokter akan melepaskan perban segera setelah prosedur untuk memeriksa jahitan Anda. Tanyakan pada dokter mengenai cara untuk merawat luka Anda.

4. Masa pemulihan

Ketika Anda keluar dari rumah sakit, Anda akan diberi saran mengenai pemulihan di rumah, termasuk ketika berkendara, kembali bekerja, dan melakukan hubungan seks. Biasanya hal itu memerlukan waktu sekitar 10 hari hingga penis Anda sembuh setelah sunat. Selama tiga atau empat hari setelah operasi, Anda mungkin akan mengalami beberapa ketidaknyamanan dan pembengkakan di sekitar kepala penis Anda. Hubungi dokter jika Anda memiliki peningkatan suhu, kemerahan, perdarahan, dan nyeri persisten di penis Anda. Pakailah pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi pada penis Anda selama pemulihan. Anda seharusnya tidak akan merasakan nyeri jika buang air kecil, namun hubungi dokter segera jika mengalaminya.

Semoga Bermanfaat 🙂

Bagikan informasi tentang Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa kepada teman atau kerabat Anda.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})